Ruang Kelas Untuk Siswa Dengan Kesulitan Belajar

Seperti apa ruang kelas untuk siswa dengan kesulitan belajar?

Ruang kelas bisa berdampak sangat buruk dalam beberapa hal terutama bagi siswa dengan kesulitan belajar. Berikut beberapa tips yang perlu diingat seputar ruang kelas untuk siswa dengan kesulitan belajar.

Bagaimana lingkungan kelas sekolah umum menanggapi perbedaan dan kebutuhan siswa dengan kesulitan belajar? Seberapa siap guru mengubah pengaturan kelas mereka dan seberapa siap mereka memodifikasi berbagai pendekatan?

Kondisi ruang kelas di sekolah umum dapat dan memang cukup mempengaruhi banyak siswa – sampai taraf tertentu, pada satu waktu atau lainnya, dalam satu atau lain cara – tetapi, beberapa siswa sangat rentan terhadap dampak yang bisa ditimbulkan dari ruang kelas (misalnya, siswa bukan penutur asli, mereka yang sulit memusatkan perhatiannya). Siswa dengan kesulitan belajar termasuk di antara risiko kronis yang paling rentan untuk “tidak belajar” di bawah kondisi yang disebutkan di atas, untuk masalah akademik dan sosial jangka panjang, dan untuk efek samping yang bisa berpengaruh terhadap masa depan mereka.

Berikut adalah beberapa dampak buruk ruang kelas di sekolah umum bagi siswa dengan kesulitan belajar.

Ramai
Ruang kelas di sekolah umum adalah lingkungan yang sangat padat, diatur sedemikian rupa dengan tujuan untuk dapat memaksimalkan pembelajaran siswa secara umum. Menjadi bagian dari ruang kelas yang sangat ramai akan sangat menyulitkan dan menghambat siswa dengan kesulitan belajar.

Sibuk
Ruang kelas di sekolah umum adalah tempat yang sibuk, dipenuhi dengan berbagai interaksi dan pertukaran verbal yang cepat yang bisa meninggalkan sisa kebingungan dan kesalahpahaman yang signifikan terhadap siswa dengan kesulitan belajar.

Waktu
Sebagian besar ruang kelas di sekolah umum didorong oleh waktu yang berjalan begitu cepat dan singkat. Namun, meskipun ada banyak waktu, sebagian besar waktu dari siswa dengan kesulitan belajar dihabiskan untuk menunggu atau terganggu. Transisi dan interupsi mengubah orientasi siswa dengan kesulitan belajar yang sudah rapuh dalam ruang dan waktu. Frustrasinya meletus ketika dia kehilangan pegangan dalam ruang / waktu dan, terlebih lagi, dia yakin bahwa anda senang karena terus-menerus tidak membiarkan dia menyelesaikan apa yang dia lakukan.

Arena Umum
Bagi siswa, ruang kelas adalah arena umum. Sorotan publik dapat dan kapan saja memperlihatkan kegagalan anak ini. Siswa dengan kesulitan belajar mengalami sorotan perhatian publik sebagai rasa malu, meskipun anda tidak memiliki niat seperti itu. Persepsi ini menentukan perilakunya selama apapun yang dia rasakan dimaksudkan untuk “mengajar” dia. Menghindari paparan sudah menjadi kebiasaan sekarang dan telah menghalanginya untuk terus mencoba.

Guru
Bagi guru, ruang kelas adalah domain pribadi, jarang dirambah untuk waktu yang lama atau kedalaman pengamatan oleh orang dewasa lainnya. Privasi domain guru membatasi apa yang dapat dilihat tentang apa yang terjadi. Lebih banyak orang dewasa, melihat dari lebih banyak sudut, mungkin memperhatikan bahwa siswa dengan kesulitan belajar memiliki kekuatan konsentrasi yang luar biasa, kecuali selama membaca dan mengeja (ketika dia mengalami defisit perhatian dan masalah perilaku).

Instruksi Guru
Pembicaraan guru mendominasi di ruang kelas sekolah umum, terutama selama waktu pengajaran. Pembicaraan siswa minimal, terutama selama waktu pembelajaran. Untuk memahami dan mengingat informasi atau materi belajar, siswa dengan kesulitan belajar perlu banyak bicara, merumuskan, melatih, dan mengungkapkan langkah-langkah tugas studi secara bertahap dan perlahan-lahan. Mereka perlu berbicara tepat ketika gurunya percaya bahwa mereka harus “bekerja” dengan tenang. Lebih lanjut, mereka membutuhkan pembinaan tentang cara melakukan ini.

Aktivitas
Kegiatan pembelajaran di ruang kelas sangat fokus pada aktivitas, dan biasanya guru mengekspresikan kepuasannya ketika “semuanya berjalan dengan baik,” seolah-olah para siswa terlihat menikmati aktivitasnya. Ketika fokus guru hanya pada hal aktivitas, siswa dengan kesulitan belajar umumnya tidak belajar banyak tentang apa pun.

Kemajuan
Menilai kinerja siswa sering dilakukan, tetapi tidak merata. Menyelidiki pemahaman individu siswa, memberikan umpan balik konstruktif atau memantau kemajuan individu biasanya jarang terjadi. Sangat penting untuk memberikan umpan balik korektif, dan mereka berlatih membaca untuk mengukur kemajuan membacanya, karena kemajuannya yang lambat dan dalam langkah yang lebih kecil dari biasanya, guru perlu menilai kemajuan dari pembelajarannya agar tetap termotivasi.

Dari penjelasan di atas harusnya kita sudah dapat memahami bagaimana seharusnya ruang kelas untuk siswa dengan kesulitan belajar. School of Child (SoC) adalah Sekolah Dasar Dengan Keberagaman Kondisi Belajar Siswa yang akan memberikan penekanan secara khusus untuk siswa yang kesulitan belajar terutama dalam hal ruang kelas untuk siswa dengan kesulitan belajar.

Untuk informasi lebih detail tentang SoC silakan dapat menghubungi WA kami di 0811 9 338 338.

Leave a Comment

Scroll to Top